Jumat, 16 Maret 2018

Pakaian Adat Papua


Pakaian Adat Papua

Pakaian Adat Papua
https://dimasfan.com/


Pakaian adat di daerah papua ini di bedakan menjadi dua yaitu pakaian adat papua untuk pria dan pakaian adat papua untuk wanita. Sebenarnya perbedaan dari kedua pakaian adat papua ini tidak terlalu banyak hanya pada bagian bawah.
Pakaian adat papua ini memiliki ciri khas yaitu pada bagian kepala ada penutupnya. Terbuat dari bahan dasar daun sagu yang sudah dirajut serapi mungkin. Uniknya lagi pada bagian atas penutup kepala ini terdapat bulu burung kasuari.
Di papua sendiri terdapat 3 pakaian adat yang berbeda bentuk serta bahan dasarnya. Jika kalian belum tau mari kita cari tau. Simak Pembahasan di bawah ini tentang pakaian adat papua barat.

3 Baju Adat Papua Barat

Pakaian Sali
Pakaian Adat Wanita
https://dimasfan.com/
Pakaian adat ini sendiri khusus untuk perempuan yang masih lajang atau bisa di bilang belum menikah. Bahan dasar dari pakaian ini sangatlah menarik yaitu terbuat dari kulit pohon. Warna yang dihasilkan dari kulit pohon yang akan digunakan untuk pakaian ini harus berwarna coklat.
Jadi perempuan yang sudah mempunyai ikatan atau sudah menikah tidak layak lagi memakai pakaian ini. Pakaian adat papua seperti ini untuk seseorang yang sudah menikah ada sendiri berikut penjelasnya dibawah ini.
Pakaian Holim
Pakaian Adat Papua
https://dimasfan.com/
Holim ini khusus di pakai untuk para lelaki pakaian ini berasal dari suku Dani di papua. Fungsi dari pakaian ini adalah bisa digunakan untuk apa saja dalam kegiatan sehari-hari. Kita bisa melihat masyarakat papua memakai beragam pakaian adat mereka pada saat melakukan upacara adat.
Pakaian ini mempunyai nama lain yang mungkin kalian semua sudah mengetahuinya. Nama lain dari pakaian ini adalah koteka. Bahan dasar untuk membuat koleka ini sangatlah mudah yaitu terbuat dari kulit labu air.
Banyaknya suku di papua memiliki bentuk koteka yang berbeda. Contohnya orang suku Tiom menggunakan dua buah labu air sekaligus. Berbeda dengan suku yang lain hanya menggunakan satu labu saja.
Yokal

Pakaian Adat Papua
https://dimasfan.com/
Pakaian adat yang hanya ada di daerah papua barat dan sekitarnya. Baju ini hanya boleh digunakan oleh perempuan yang sudah memiliki keluarga. Pakaian adat ini hanya bisa di jumpai di daerah pedalaman papua.
Waran dari pakaian ini adalah cokelat sedikit kemerahan. Baju tidak diperuntukan di jual atau di beli. Tetapi baju ini adalah seimbolis masyarakat papua yang menggambarkan dekat dengan alam.

Perbedaan Pakaian Adat untuk Pria dan Wanita

Pakaian Adat untuk Pria
Pakaian Adat Papua
https://dimasfan.com/
Baju adat papua bagian bawah menggunakan bahan dasar daun sagu. Bentuk dari pakaian ini seperti rok lebih tepatnya rumbai-rumbai. Pakaian ini hanya digunakan untuk menutupi bagian kemaluan saja.
Pada bagain atas kepala terdapat seperti hiasan yang terbuat dari bahan dasar bulu burung dan daun sagu yang terbentuk sangat rapi. Pakaian adat papua ini juga dihiasai dengan aksesoris yang terbuat dari daun sagudan taring babi.
Fungsi dari aksesoris ini sendiri adalah simbol kejantanan dari kaum lelaki papua. Masih ada aksesoris lainya yang tidak kalah unik nya. Contohnya gelang dan kalung itu semua dari bahan dasar gigi anjing dan bulu burung cendrawasih.
Pakaian Adat untuk Wanita
Pakaian Adat Wanita Papua
https://dimasfan.com/
Pada pakaian adat wanita di buat sehalus mungkin dengan memberi sedikit motif. Warna yang ada dalam baju tersebut hanyalah 2 warna saja. Motif yang terdapat pada baju tersebut berbentuk bulatan-bulatan kecil.
Motif tersebut berwarna merah danputih seperti bendera merah putih negara Indonesia. Kedua warna tersebut memiliki arti yang cuku bagus. Warna putih melambangkan kesucian seorang wanita. Sedangkan yang warna merah adalah darah yang melambangkan sebuah keberanian.
Warna merah tersebut bukan dari darah sungguhan melainkan campuran dari tanah liat yang dicampurakan dengan air. Tradisi suku Asmat masih memegang erat tradisi ini di daerah mereka yaitu papua barat.

Senjata Tradisional Papua Barat

Pakaian Adat Papua
https://dimasfan.com/
Masyarakat daerah papua sangat terkenal dengan beraneka ragam keunikan yang dimilikinya. Bisa kita lihat semua fasilitas masyarakat papua terbuat dari alam. Itulah enaknya hidup bersahabat dengan alam sekitar.
Bagi sebagian masyarakat papua senjata adalah satu barang yang sangat penting. Fungsi dari sejanta ini bagi masyarakat papua adalah untuk berlindung dari serangan binatang buas yang berada di dalam hutan.
by:https://dimasfan.com/pakaian-adat-papua/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar