Minggu, 04 Maret 2018

Pakaian Tradisional Daerah Kalimantan Barat

Pakaian Tradisional Daerah Kalimantan Barat


Hasil foto untuk Pakaian Tradisional Daerah Kalimantan Barat

Masyarakat Melayu Kalimantan Barat yang umumnya tinggal di wilayah pesisir memiliki corak pakaian yang berbeda dengan suku Dayak di pedalaman. Pakaian tradisional sehari-hari masyarakat melayu disebut baju telok belanga, sarung dan baju kurung. Selain itu masyarakat melayu juga memliki baju adat yang dipakai saat upacara perkawinan.

Pakaian suku Dayak bermacam-macam. Zaman dahulu kain pakaian berasal dari kulit kayu yang disebut kulit kapuak. Pakaian dari kulit kapuak ini biasanya berupa rompi dan rok bawahan. Rompi ini dipakai pria dan perempuan. Rok bawahan untuk laki-laki yang disebut kotib ayam, dan untuk perempuan disebut ouwik kbok.

Pakaian adat laki-laki Dayak disebut king baba dan untuk perempuan disebut king bibinge. Suku Dayak taman juga memiliki pakaian untuk keperluan adat. Misalnya, pakaian yang dikenakan dalam acara perkawinan. Ada dua macam pakaian dalam upacara perkawinan yaitu, baju burai king burai yang dikenakan oleh mempelai pengantin, dan baju manik king manik dikenakan oleh pendamping pengantin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar